LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK

Wardani Ayu Saputri, Wardani Ayu Saputri (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU FIKS AYU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL UNY 2014 yang bertempat di SMP Negeri 2 Ngemplak secara resmi dilaksanakan pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Mahasiswa PPL UNY diterjunkan ke sekolah tepat pada tanggal 2 Juli 2014 yang diterima oleh perwakilan sekolah. Untuk tahun 2014 ini, SMP Negeri 2 Ngemplak mendapat 8 mahasiswa PPL UNY yang terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani, dan Kesehatan, dan Rekreasi. Mahasiswa tersebut diterjunkan untuk mengerjakan program PPL sesuai dengan rancangan program yang ada dalam proposal kegiatan yang sudah dibuat, didiskusikan, dan disetujui oleh pihak SMP Negeri 2 Ngemplak. PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan life skills yang diantaranya adalah pengalaman belajar yang kaya, perluasan wawasan, pengembangan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidangnya, peningkatan kreatifitas, ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Agar PPL dapat terlaksana dengan optimal, lancar, dan sesuai dengan harapan, maka diperlukan observasi sebelumnya. Dalam hal ini, observasi yang dilakukan adalah yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Sedangkan program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yaitu meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi dan media dan sarana yang akan digunakan dalam proses mengajar. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian atau pentransferan materi ajar kepada peserta didik. Semua rencana dan persiapan kegiatan tersebut telah dikonsultasikan kepada guru pembimbing sebelumnya sehingga mahasiswa juga dapat memperoleh masukan dari guru pembimbing. Seluruh rencana dan persiapan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik, sehingga akan dihasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-progam PPL yang telah dilakukan. Manfaat tersebut antara lain: siswa lebih tertarik belajar Bahasa Indonesia menggunakan media-media yang telah disiapkan mahasiswa PPL untuk menyusun jenis-jenis teks. Melalui metode pengajaran tersebut, mereka menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dalam kelas. Terlebih ketika guru memberikan pancingan hadiah kepada peserta didik, peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Selain itu, siswa menyadari bahwa ilmu itu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara kontekstual, bertambahnya sumber atau referensi belajar dengan adanya pengadaan bahan ajar yang bervariasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38355

Actions (login required)

View Item View Item