LAPORAN KEGIATAN PPL PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Lokasi: SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Andro Avandryari Kintoko, Andro Avandryari Kintoko (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Lokasi: SMP NEGERI 2 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN ANDRO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL UNY 2014 yang bertempat di SMP Negeri2 Ngemplak secara resmi dilaksanakan pada tanggal 02 Juli-17 September 2014. Mahasiswa PPL UNY diterjunkan ke sekolah tepat pada tanggal 18 Februari 2014 yang diterima oleh perwakilan sekolah. Untuk tahun 2014 ini, SMP Negeri 2 Ngemplak mendapat 8 mahasiswa PPL UNY yang terdiri dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jawa, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mahasiswa tersebut diterjunkan untuk mengerjakan program PPL sesuai dengan rencana kegiatan mengajaar yang sudah dibuat, didiskusikan, dan disetujui oleh pihak SMP Negeri 2 Ngemplak. PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengajar secara langsung di sekolah, yang diantaranya adalah pengalaman mengajar, pengembangan dan modifikasi kompetensi di bidangnya, peningkatan kreatifitas, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Agar PPL dapat terlaksana dengan optimal, lancar, dan sesuai dengan harapan, maka diperlukan observasi sebelumnya. Observasi yang dilakukan yaitu berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Sedangkan program kegiatan praktek mengajar di kelas sendiri meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yaitu meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi dan media dan sarana yang akan digunakan dalam proses mengajar. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian materi sesuai bidangnya kepada peserta didik. Semua rencana dan persiapan kegiatan tersebut telah dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing sebelumnya sehingga mahasiswa juga dapat memperoleh masukan dari Guru Pembimbing. Seluruh rencana dan persiapan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik, sehingga akan dihasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan adanya program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Secara umum, pelaksanaan program PPL berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Antusiasme dari peserta didik selama proses pembelajaran SMP N 2 ngemplak sangat baik. Program PPL semuanya dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Guru pembimbing lapangan sangat membantu dalam memberikan pengarahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengajar. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program PPL yang telah dilakukan. Manfaat tersebut antara lain: Siswa lebih tertarik mengamati menggunakan media-media seperti LCD, video, dan lain-lain. Melalui metode pengajaran seperti ini mereka menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dalam kelas maupun lapangan. Peserta lebih aktif sesuai harapan yang terdapat di dalam Kurikulum baru. Selain itu, siswa menyadari bahwa ilmu itu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara kontekstual, bertambahnya sumber atau referensi belajar dengan adanya pengadaan bahan ajar yang bervariasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38346

Actions (login required)

View Item View Item