EKSPLORASI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Samprama, Yuda (2016) EKSPLORASI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Samprama Yuda 06501241024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EKSPLORASI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Samprama Yuda NIM. 06501241024 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan sumber belajar dari internet yang relevan dan memenuhi standar kompetensi mata pelajaran mikrokontroler di Jurusan Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dan pengkajian sumber dari internet. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan kelas XI. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi, kuesioner dan pengkajian internet. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Mei 2013 sampai 15 Juni 2013. Instrument dikembangkan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran mikrokontrolerdi sekolah. Data penelitian dianalisis secara substantif (analisis isi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis sumber belajar yang diperoleh berupa modul, E-Book dan Slide Show Presentasi, word, jobsheet. Setiap sumber belajar berbasis internet telah disesuaikan berdasarkan kompetensi dasar mata pelajaran mikrokontroler di SMK Muhammadiyah Prambanan. Kompetensi dasar pertama pada indikator pertama diperoleh sumber dengan tingkat kesesuain sebesar 88%, indikator kedua sebesar 88%. Kompetensi dasar kedua pada indikator pertama diperoleh dua sumber dengan tingkat kesesuaian 96% dan 88%, indikator kedua 86%. Kompetensi dasar ketiga, tingkat kesesuaian pada indikator pertama sebesar 92% dan indikator kedua 75%.Kompetensi dasar keempat, indikator pertama tiga sumber 92%, 92%, 88% dan kedua sebesar 92%. Kompetensi dasar terakhir adalah 79%. Sumber belajar yang dihasilkan dalam penelitian inidapat digunakan untuk menunjang pembelajaran mikrokontroler di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta. Kata kunci : Sumber belajar, Kompetensi Dasar, Internet, Kesesuaian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 10:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38343

Actions (login required)

View Item View Item