Kemiskinan dan Upaya Pengentasan Kemiskinan di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Lutfi, Difha Aulia (2016) Kemiskinan dan Upaya Pengentasan Kemiskinan di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11405241005.swf

Download (5MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kondisi kemiskinan masyarakat di Desa Laut Dendang, 2) Pengaruh faktor kepemilikan rumah, jumlah anggota keluarga dan tingkat pendidikan terhadap kemiskinan, 3) Upaya masyarakat dan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan keruangan. Variabel penelitian ini adalah kemiskinan, kepemilikan rumah, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan, dan pengentasan kemiskinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga miskin yang bermukim di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan metode deskriptif kuantitatif yaitumengambil 20% darijumlah KK miskin. Berdasarkan metode ini diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi kemiskinan di Desa Laut Dendang pada umumnya kondisi bangunan yang tidak layak huni dan rumah yang terdiri dari papan dangan luas bangunan < 50 m2. 2) Pengaruh dominan terhadap kemiskinan adalah pendidikan dan jumlah anggota keluarga, sedangkan kepemilikan rumah memberikan pengaruh yang kecil terhadap kemiskinan. 3) Upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan yaitu dengan cara mencari pekerjaan sampingan seperti bekerja sebagai buruh bangunan dan berdagang, dan upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah antara lain, a) Program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) dan b) Raskin (Beras Untuk Keluarga Miskin). Kata kunci: Kondisi bangunan, Kepemilikan rumah, Tingkat pendidikan, Kemiskinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:23
Last Modified: 03 Aug 2016 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38334

Actions (login required)

View Item View Item