LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO

Rizal Latief, Rizal Latief (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
hal awal.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PPL RIZAL.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini penuils laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyususnan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi di lakukan dengan metode wawancara, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo khususnya di bagian kesetaraan dan Taman Bacaan masyarakat (TBM) Damar Gemilang. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berada di paket B dan paket C, serta Taman Bacaan masyarakat (TBM) Damar Gemilang. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak terlalu ditekankan.Dari hasil observasi tersebut, maka di susunlah suatu program utama yaitu Pembuatan dan Pendampingan Majalah Dinding “MADING” Warga Belajar Kesetaraan di UPTD SKB Kulon Progo, Strategi Pengembangan Koleksi Bacaan di TBM Damar Gemilang, dan Pembuatan Sistem Pembelajaran Tutorial “E-Learning SKB Kulon Progo”. Adapun program penunjang Pelaksanaan Administrasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Damar Gemilang, Penataan Buku dan Ruang Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Damar Gemilang, Peningkatan Minat Baca Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Damar Gemilang, Pelaksanaan Program Motivasi Belajar Paket C UPTD SKB Kulon Progo, Parenting PAUD Pelangi Nusa, Sosialisasi Narkoba, dan Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan APE “Pohon Presensi”. Sasaran dari program mengajar ini adalah untuk warga belajar Kesetraan Paket B dan C, alumnus Paket B dan C, dan masyarakat. Dengan diadakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38333

Actions (login required)

View Item View Item