PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PRAKTIKUM ASAM BASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

Nokman , , Riyanto (2010) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PRAKTIKUM ASAM BASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_MEDIA_AUDIO_VISUAL_PRAKTIKUM_ASAM_BASA_SEBAGAI_MEDIA_PEMBELAJARAN_MANDIRI_BAGI_SISWA_SMA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menyusun media audio visual praktikum asam basa sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa SMA/MA dan untuk mengetahui kualitas media yang telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penyusunan media audio visual praktikum asam basa ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian media audio visual praktikum asam basa berupa angket yang berisi aspek clan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA di kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Sleman dan Banjarnegara. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 36 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual praktikum asam basa. Produk penelitian ini berupa media audio visual praktikum asam basa untuk siswa SMA kelas XI. Komponen media audio visual praktikum asam basa terdiri dari lembar kegiatan siswa, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, kunci lembar kerja siswa, kunci lembar evaluasi, info peralatan laboratorium serta info terkait materi asam basa. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, media audio visual praktikum asam basa yang telah disusun mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata-rata 133,25 dan persentase keidealan sebesar 74,028 %. Oleh karena itu, media audio visual praktikum asam basa ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa-siswa SMA/MA kelas Xl.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item View Item