PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF TAX DETECTIVE MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Dewi Pawitrasari, Rizki (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF TAX DETECTIVE MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Game Edukatif Tax Detective bagi siswa kelas XI SMK, (2) mengetahui kelayakan Game Edukatif Tax Detective yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan penilaian dari Ahli, (3) meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Game Edukatif Tax Detective. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD). Penelitian Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang berisi 5 tahap pengembangan yaitu: 1) analysis, 2) design, 3) develop, 4) implementation, dan 5) evaluation. Pada tahap pengembangan Game Edukatif Tax Detective dinilai kelayakannya sebagai media pembelajaran oleh Ahli Materi, Ahli Media, Praktisi Pembelajaran Akuntansi. Uji coba dilakukan pada 26 siswa kelas XI AK SMK Bhakti Karya 1 Magelang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Game Edukatif Tax Detective layak digunakan pada kelas XI AK SMK Bhakti Karya 1 Magelang. Dilihat dari hasil 1) Ahli Materi memberikan ratarata skor 4,65 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli Media memberikan rata-rata skor 4,12 yang termasuk kategori “Layak”, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi memberikan rata-rata skor 4,37 yang termasuk kategori “Sangat Layak”, 4) Siswa memberikan skor rata-rata 4,72 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Pada Uji Lapangan menunjukan peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh peningkatan sebesar 17,2%, dengan skor sebesar 73,72% menjadi 91%. Pada pengujian uji-t berpasangan diperoleh thitung sebesar -24,579 dengan sig.0,007 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media. sehingga dapat disimpulkan bahwa media Game Edukatif Tax Detective layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Game Edukatif Tax Detective, Motivasi Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38327

Actions (login required)

View Item View Item