Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kesiapan Guru Akuntansi Menghadapi Perubahan Kurikulum dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi (Studi di Tiga SMK Swasta Kota Magelang)

Tabarruj Albir Nurut, Marsha (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kesiapan Guru Akuntansi Menghadapi Perubahan Kurikulum dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi (Studi di Tiga SMK Swasta Kota Magelang). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS_MARSHA TABARRUJ ALBIR NURUT_12818244027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner terhadap Kesiapan Menghapai Perubahan Kurikulum; (2) pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum; (3) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum dengan Budaya Organisasi sebagai variable moderasi; (4) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum dengan Budaya Organisasi sebagai variable moderasi. Populasi penelitian ini adalah Guru Akuntansi di Tiga SMK Swasta Kota Magelang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dengan menggunakan metode sensus. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya Kepemimpinan Visioner berpengaruh positif terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum yang ditunjukkan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,742, nilai r2(x1y) sebesar 0,550. Nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum yang ditunjukkan dengan r(x2y) sebesar 0,731, nilai r2(x2y) sebesar 0,535. Nilai signifikansi 0,000 dan persamaan regresinya. (3) Budaya Organisasi tidak dapat memoderasi dalam pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum yang ditunjukkan dengan persamaan Y = -12,284 + 1,184X1 + 1,123Z – 0,012X1*Z dan nilai signifikansi sebesar 0,653. (4) Budaya Organisasi tidak dapat memoderasi dalam pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum yang ditunjukkan dengan persamaan Y = -36,197 + 1,559X2 + 1,937Z – 0,028X2*Z dan nilai signifikansi sebesar 0,163.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Visioner, Motivasi Kerja, Kesiapan Menghadapi Perubahan Kurikulum, Budaya Organisasi.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38320

Actions (login required)

View Item View Item