PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS-1 SMA NEGERI 2 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015

TIRASIA, CANDIYANA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS-1 SMA NEGERI 2 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _CANDIYANA TIRASIA_10403244004 (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS-1 SMA Negeri 2 Ngaglik tahun ajaran 2014/2015 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-1 SMA Negeri 2 Ngaglik Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Pada setiap siklus ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan pendistribusian angket Motivasi Belajar Akuntansi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan, lembar observasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif yang dilakukan dengan membandingkan skor Motivasi Belajar Akuntansi yang diperoleh dengan skor maksimum kemudian dipersentasekan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS-1. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh dari observasi dengan menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar akuntansi yang didistribusikan. Hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi Sebesar 4,19 % dari skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 75,30% menjadi 79,49% pada siklus II. Berdasarkan hasil angket yang didistribusikan, pada siklus I skor Motivasi Belajar Akuntansi yang diperoleh sebesar 73,81% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 3,88% menjadi 77,69%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Motivasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:03
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38313

Actions (login required)

View Item View Item