Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Upaya Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 15 Purworejo

Kurniawan, Akhmad (2016) Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Upaya Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 15 Purworejo. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
skripsi full Akhmad Kurniawan 09401244046.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar PKn di SMP Negeri 15 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP 15 Purworejo kelas VIII yang berjumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas ekperimen sejumlah 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP 15 Purworejo. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada kerjasama siswa sebesar 4,122 dan ttabel pada df 61 sebesar 1,997 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38312

Actions (login required)

View Item View Item