PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS BERBASIS WEB PADA SOUVENIR JOGJA

FERI SETYAWAN, HERU (2016) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS BERBASIS WEB PADA SOUVENIR JOGJA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HERU_SETYAWAN_09412141036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama. Pertama, untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penerimaan kas yang sudah berjalan pada Souvenir Jogja. Kedua, untuk merancang sistem informasi akuntansi penerimaan kas berbasis web yang sesuai pada Souvenir Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada Souvenir Jogja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode system development life cycle (SDLC), berupa: Analisis sistem yang meliputi analisis sistem lama menggunakan metode PIECES (performance, information, economy, control, eficiency and service), analisis kebutuhan sistem dan analisis kelayakan sistem baru; Desain sistem meliputi pemodelan database, pemodelan proses dan pemodelan interface; Implementasi sistem meliputi tahap mempersiapkan rencana implementasi, melakukan kegiatan implementasi dan menindaklanjuti implementasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Souvenir Jogja masih manual. Fungsi yang terkait meliputi fungsi penjualan dan fungsi keuangan. Jaringan prosedur meliputi prosedur order penjualan, prosedur penerimaan kas, dan prosedur pencatatan transaksi. Dokumen yang digunakan meliputi kuitansi pembayaran dan nota penjualan. Catatan yang digunakan meliputi catatan pemesanan, catatan pembayaran,dan laporan keuangan. Berdasarkan analisis kelayakan teknik, operasional, ekonomi, hukum menyatakan bahwa sistem informasi akuntansi penerimaan kas berbasis web layak untuk dikembangkan. Pada tahap desain sistem dilakukan dengan tahap pemodelan database yang meliputi tabel kasir, admin, produk, order, detail order, dan pembayaran. Tahap pemodelan proses dibuat dengan menggunakan flowchart. Desain input terdiri dari form input admin, form input kasir, form login, form order, form input produk, form input kategori produk, dan form pembayaran pelunasan.Pengujian sistem dilakukan dengan cara menjalankan sistem sesuai dengan fungsinya seperti uji coba input transaksi pembayaran, input data produk, input data kasir dan admin, serta menampilkan output laporan. Hasil uji coba sistem sudah menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik dan siap untuk digunakan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas, Gerai Souvenir Jogja, System DevelopmentLife Cycle (SDLC), MySQL.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Aug 2016 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38308

Actions (login required)

View Item View Item