Efektivitas Pengunaan Pendekatan Saintif Pada Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMKN 3 Yogyakarta Tahun 2015/2016

Oktavian, Nabila Anindya (2016) Efektivitas Pengunaan Pendekatan Saintif Pada Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMKN 3 Yogyakarta Tahun 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401244012.swf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Full 12401244012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) efektivitas penggunaan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X dalam pembelajaran PPKn di SMKN 3 Yogyakarta, 2) efektivitas penggunaan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar kelas X dalam pembelajaran PPKn di SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain prestest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMKN 3 Yogyakarta sebanyak 600 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu X Kendaraan Ringan 1 (KR) sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan X Kendaraan Ringan 3 (KR) sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket awal, angket akhir, pretest, posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,047 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (0,047 < 0,05). Selain itu, pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain score di kelas eksperimen 0,34 yang menunjukkan efektivitas dalam kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol 0,19 yang menunjukkan pengaruh dalam kategori rendah. 2) Penggunaan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t post-test prestasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (0,006 < 0,05). Maka disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Besarnya pengaruh pendekatan saintifik dapat dilihat dari perolehan gain score kelas eksperimen 0,44 yang menunjukkan efektivitas dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,24 yang menunjukkan pengaruh dalam kategori rendah. Kata kunci: Efektivitas, pendekatan saintifik, motivasi dan prestasi belajar, pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Aug 2016 00:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38302

Actions (login required)

View Item View Item