Fatma Rochmana, Fatma Rochmana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER LAPORAN INDIVIDU PPL.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
hal judul.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
hal pengesahan.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I,II,III.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah bag mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempu pendidikan di perguruan tinggi. PPL bertujuan untuk memberikan kesempata kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapa memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsun di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiata adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih menta mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberika pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam prose belajar-mengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Neger Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 2,5 bulan mulai dari tanggal 2 Ju 2014 sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan PPL, mahasiswa praktika turun langsung untuk mengajar didalam kelas. 8x pertemuan adalah target minima yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adala SMP N 1 Berbah. Disekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untu mengampu empat (4) kelas, yang semuanya merupakan kelas VII yaitu kelas VII A VII B, VII C, dan VII D. Metode Diskusi Informasi, Ceramah Bervariasi, da Presentasi merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas aga sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menginginkan jalannya pembelajara yang berpusat pada siswa (Student Centered). Realia, model, video, serta LK merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif da partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selam PPL, namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untu dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan dapat memperole bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yan terkait dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerja keras, keikhlasan da disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, denga terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidi yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Da diharapkan kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas, dan mahasiw dapat berjalan dengan lebih baik lagi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 08:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |