LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO

Ani Irmawati, Ani Irmawati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 cover irma.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN irma.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 KATA PENGANTAR irma.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI irma.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstrak irma.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 isi irma fix.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8DAFTAR PUSTAKA PPL.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyususnan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi di lakukan dengan metode wawancara, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo khususnya di bagian kesetaraan dan PAUD Pelangi Nusa di UPTD SKB Kab. Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berada di paket B dan paket C, serta TPA/KB Pelangi Nusa. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak terlalu ditekankan. Dari hasil observasi tersebut, maka di susunlah suatu program utama yaitu Pelatihan pembuatan APE dan Media Pembelajaran dari kain perca untuk pendidik dan pendamping PAUD Pelangi Nusa, serta Program Penataan Ruang TBM Damar Gemilang. Adapun program penunjang yaitu Training Motivasi Belajar Paket C (Indoor dan Outdoor), Program Monev Efektifitas Program PKH TIK, Pelaksanaan Administrasi TBM Damar Gemilang, Strategi Pengembangan TBM, Model/modul Pembelajaran tutorial, Model Pembelajaran Lifeskill Menjahit, Pembuatan dan Pendampingan Mading, MONEV TBM, Program Parenting PAUD Pelangi Nusa, dan Pelaksanaan Sosialisasi Narkoba.Sasaran dari program ini adalah Pendidik dan Pendamping PAUD Pelangi Nusa. Dengan diadakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38283

Actions (login required)

View Item View Item