LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA JL. GOWONGAN KIDUL JT. III/416 YOGYAKARTA

Wahyu Samudra Wardani, Wahyu Samudra Wardani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA JL. GOWONGAN KIDUL JT. III/416 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Samudra Wardani (P.ADP-11402241006).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, Universitas Negeri Yogyakarta memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar salah satunya dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah SMK Negeri 7 Yogyakarta. Pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK N 7 Yogyakarta, praktikan mengajarkan standar kompetensi Otomatisasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran 1 dan X Administrasi Perkantoran 2. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa akan berhadapan dengan peserta didik di dalam kelas. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran, kependidikan dan mampu berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Dengan pengalaman tersebut mahasiswa mendapatkan bekal guna pengabdiannya di masyarakat kelak sebelum atau setelah menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang timbul. Kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evalusi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada, masih dalam tahap wajar seperti peserta didik yang sulit dikendalikan, peserta didik kurang kooperatif dalam mengikuti pelajaran, waktu PPL yang singkat. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir dan mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Setiap proses demi proses yang dilalui dalam PPL ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa yang diharapkan dapat memberikan pengalaman vi yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan. Saran untuk pihak sekolah agar lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, serta pengadministrasian yang lebih tertata. Selanjutnya, bagi pihak Universitas Negeri Yogyakarta supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:51
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38279

Actions (login required)

View Item View Item