LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA JL. GOWONGAN KIDUL JT. III/416 YOGYAKARTA

Nur Hidayah Dwi Saputri, Nur Hidayah Dwi Saputri (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA JL. GOWONGAN KIDUL JT. III/416 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayah Dwi Saputri (P.ADP-11402241034).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses mempelajari sesuatu atau bagaimana melakukan sesuatu. Dalam hal ini, mahasiwa sedang belajar mengenai interaksi dengan masyarakat luar mengenai apa yang telah dipelajari. Universitas Negeri Yogyakarta merupakan instansi yang mencetak generasi pendidik. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, salah satu langkah Universitas Negeri Yogyakarta yaitu memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan salah satu mata kuliah praktik dengan bobot 3 sks yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah SMK Negeri 7 Yogyakarta. Pelaksanaan PPL tahun 2014 ini, praktikan mendapatkan kesempatan untuk mengajar tentang mata pelajaran Administrasi Humas dan Protokol untuk Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 dan 2. Kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa berhadapan langsung dengan peserta didik di dalam kelas. Dengan PPL diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang terjadi di kelas, mengetahui administrasi guru serta dapat berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Dengan pengalaman tersebut mahasiswa mendapatkan bekal guna pengabdiannya di masyarakat kelak sebelum atau setelah menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang timbul. Kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evalusi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ditemui selama ini seperti peserta didik yang kurang bisa diandalkan, penyesuaian kurikulum baru, bahan ajar yang belum lengkap dan yang lainnya . Akan tetapi , hambatan tersebut sedikit demi sedikit dapat teratasi viii atau diminimalisir dengan usaha yang dilakukan praktikan, guru ataupun peserta didik sehingga program PPL dapat berjalan dengan baik. Setiap proses demi proses yang dilalui dalam PPL ini menjadi pembelajaran bagi praktikan yang dapat memberikan pengalaman yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan sebagai langkah untuk menjadi pendidik yang profesional. Kedepannya diharapkan sekolah dapat lebih meningkatkan fasilitas sebagai penunjang proses pembelajaran. Sedangkan untuk Universitas Negeri Yogyakarta diharapkan lebih membekali mahasiswa dalam mengajar dan mengahadapi peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38271

Actions (login required)

View Item View Item