Aji Akbar, Aligato (2012) PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MATA DIKLAT PERHITUNGAN ELEMEN MESIN (PEM) DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text (Document)
IMPROVEMENT_STUDENT_ACHIEVEMENT_USING_THINK-PAIR-SHARE_LEARNING_MODEL_IN_PERHITUNGAN_ELEMEN_MESIN_(PEM)_COURSE_IN_SMK_N_2_YOGYAKARTA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan model ceramah pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin (2) Mengetahui prestasi manakah yang lebih baik antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (3) Mengetahui minat belajar siswa pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin dengan model pembelajaran Think-Pair-Share. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan randomized control group pretest-posttest. Populasinya adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010, terdiri dari 6 kelas, 180 siswa. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik random assignment. Sampel terdiri dari 2 kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas ekperimen. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif, t-test (uji beda antar kelompok). Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat perhitungan elemen mesin antara siswa yang menggunakan model ceramah (kelas kontrol) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (kelas eksperimen). Nilai rata-rata kelas kontrol dari 53,83 menjadi rata-rata nilai 60,5, sedangkan peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen dari rata-rata nilai 48,9 menjadi rata-rata nilai 80,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung posttest lebih besar dari t tabel (7,364 ≥ 2,004). Hal ini berarti peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (kelas eksperimen) lebih baik dari peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran ceramah (kelas kontrol). Minat belajar siswa pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin (PEM) dengan model pembelajaran Think-Pair-Share termasuk kategori sangat tinggi. sebagian besar responden mempunyai kategori sangat tinggi yaitu 66,7 % atau 18 siswa, dan 9 siswa atau 33,3% mempunyai kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 05:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3826 |
Actions (login required)
View Item |