LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jl. GOWONGAN KIDUL Jt. III/416 YOGYAKARTA

Ayu Alam Setyorini, Ayu Alam Setyorini (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jl. GOWONGAN KIDUL Jt. III/416 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN Ayu Alam Setyorini.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan sebuah program dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang ditujukan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan. Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Unversitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiswa calon guru yang profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PPL pada tahun 2014 ini yaitu di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 7 Yogyakarta. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan adalah membuat administrasi kerja guru yang meliputi silabus, Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP), agenda kegiatan pembelajaran, analisis hasil tes, dll. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu praktik mengajar di kelas. Dengan praktik mengajar secara langsung, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata tentang pelaksanaan proses pembelajaran, administrasi guru, ruang lingkup kependidikan dan mampu berkonstribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa mendapatkan bekal untuk bersosialisasi di masyarakat baik sebelum maupun setelah lulus di perguruan tinggi. Secara keseluruhan, program-program kegiatan PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatanhambatan yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut misalnya, minoritas siswa yang sulit untuk dikendalikan, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, dan waktu PPL yang singkat dan terhalang dengan adanya libur lebaran. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan dengan lancer.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kependidikan, SMK Negeri 7 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38252

Actions (login required)

View Item View Item