LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Shinta Mayangsari, Shinta Mayangsari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, pengesahan, kata pengantar, daftr isi, abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, MATRIKS, RPP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan PPL bertempat di SLB Yapenas yang beralamat di Condongcatur, Depok, Sleman. Berdasarkankeputusansekolah, mahasiswamendapatkankelasmengajar di kelas 2 SDLB anaktunagrahita.Secarakhususmelakukanasesmendanbimbinganmengajarterhadapdua orang anakyaitu Eva dan Yoga.Eva dan Yoga mengalamitunadaksadantunagrahita.Eva memilikikarakteristikyaitukeduakakinyatidakbisadigunakanuntukberjalankarenalump uhdankaku.Eva berjalandenganmerangkak.keduatangan Eva jugamengalamikekakuan.Evamemilikikemampuandalamhalbernyanyi. Eva sebenarnyalebihpintardibandingkantemansekelasnya yang lain. Hanyasaja, Eva kurangmotivasiuntukbelajar.Eva memilikipotensipembelajarandalamhalmembaca, pengenalandanpemahamanpengetahuanumum, danberhitung.Yoga mengalamikarakteristiyaitukeduakakinya yang lumpuh.Akan tetapibisaberdiridanduduk di kursisecaramandiri, sertamampumerangkakdenganlincah.Dibandingkan Eva, tubuh Yoga lebihfleksibel/ lentur. Yoga belummaudanbisaberkomunikasidenganbaik.Yoga memilikipotensidalamhalpengenalandanpemahamanlingkungansekitarnya. Berdasarkanhasilasesmenterhadap Eva dan Yoga, makadapatdibuat program pembelajaran yang sesuai.Untuk Eva, lebihdiutamakandalamhalmembacaataumengejahuruf-huruf yang belumdipahaminya, berhitung 1-10, sertamemahami lambing bilangan 1-10. Untuk Yoga, lebihdiutamakandalamhalpengenalandirinyasendiri, benda-bendadisekitarnya, buah buahan yang seringditemui, danhewan yang ada di lingkungannya, sertapemahamanperintah yang berhubungandengankemandirian. Berdasarkanhasilevaluasidapatdisimpulkanbahwa Eva dan Yoga mengalamipeningkatandalamhalkemampuanakademikmaupun non akademiknya.Eva mengalamipeningkatanuntukkemampuannyadalammembacahurufabjaddanberhitung. Selainitu, Eva jugasudahbisasedikitmengenaldanmemahami lambing lambangbilangan, yang tadinyasamasekalibelumpaham.Yogamengalamipeningkatandalamhalbertambahnyap engetahuannyatentangbenda-bendadisekitarnya, buah-buahan, danhewan. Selainitu, Yoga jugamampumemahamiperinta, ‘pegang, ‘ambil’, dan ‘masukkan’.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38245

Actions (login required)

View Item View Item