Shinta Mayangsari, Shinta Mayangsari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover, pengesahan, kata pengantar, daftr isi, abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I, II, III, MATRIKS, RPP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan PPL bertempat di SLB Yapenas yang beralamat di Condongcatur, Depok, Sleman. Berdasarkankeputusansekolah, mahasiswamendapatkankelasmengajar di kelas 2 SDLB anaktunagrahita.Secarakhususmelakukanasesmendanbimbinganmengajarterhadapdua orang anakyaitu Eva dan Yoga.Eva dan Yoga mengalamitunadaksadantunagrahita.Eva memilikikarakteristikyaitukeduakakinyatidakbisadigunakanuntukberjalankarenalump uhdankaku.Eva berjalandenganmerangkak.keduatangan Eva jugamengalamikekakuan.Evamemilikikemampuandalamhalbernyanyi. Eva sebenarnyalebihpintardibandingkantemansekelasnya yang lain. Hanyasaja, Eva kurangmotivasiuntukbelajar.Eva memilikipotensipembelajarandalamhalmembaca, pengenalandanpemahamanpengetahuanumum, danberhitung.Yoga mengalamikarakteristiyaitukeduakakinya yang lumpuh.Akan tetapibisaberdiridanduduk di kursisecaramandiri, sertamampumerangkakdenganlincah.Dibandingkan Eva, tubuh Yoga lebihfleksibel/ lentur. Yoga belummaudanbisaberkomunikasidenganbaik.Yoga memilikipotensidalamhalpengenalandanpemahamanlingkungansekitarnya. Berdasarkanhasilasesmenterhadap Eva dan Yoga, makadapatdibuat program pembelajaran yang sesuai.Untuk Eva, lebihdiutamakandalamhalmembacaataumengejahuruf-huruf yang belumdipahaminya, berhitung 1-10, sertamemahami lambing bilangan 1-10. Untuk Yoga, lebihdiutamakandalamhalpengenalandirinyasendiri, benda-bendadisekitarnya, buah buahan yang seringditemui, danhewan yang ada di lingkungannya, sertapemahamanperintah yang berhubungandengankemandirian. Berdasarkanhasilevaluasidapatdisimpulkanbahwa Eva dan Yoga mengalamipeningkatandalamhalkemampuanakademikmaupun non akademiknya.Eva mengalamipeningkatanuntukkemampuannyadalammembacahurufabjaddanberhitung. Selainitu, Eva jugasudahbisasedikitmengenaldanmemahami lambing lambangbilangan, yang tadinyasamasekalibelumpaham.Yogamengalamipeningkatandalamhalbertambahnyap engetahuannyatentangbenda-bendadisekitarnya, buah-buahan, danhewan. Selainitu, Yoga jugamampumemahamiperinta, ‘pegang, ‘ambil’, dan ‘masukkan’.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 04:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |