PELAKSANAAN KEGIATAN PPL UNY 2014 DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS

Citra Ramadhani, Citra Ramadhani (2014) PELAKSANAAN KEGIATAN PPL UNY 2014 DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan dalam rangka mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik. praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya, dengan menerapkan/ mengaplikasikan ilmu selama ini yang telah dipelajari dalam bidang belajar mengajar. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal dan keterampilan bagi penyusun dalam dunia pendidikan dan khususnya sebagai calon guru. Kegiatan PPL dalam jurusan pendidikan luar biasa dibagi menjadi dua yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan PPL II merupakan hasil dari tindak lanjut kegiatan pada PPL I yang dilaksanakan melalui kegiatan observasi dan asesmen permasalahan belajar yang dialami oleh siswa. Dari hasil observasi dan asesmen dapat disusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa diaplikasikan dalam praktik mengajar pada PPL II. Namun, RPP tersebut bersifat fleksibel dengan tetap melihat dan menyesuaikan kemampuan siswa sudah meningkat atau sebaliknya menurun dari kemampuan awal pada PPL I. Kegiatan PPL II dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Yapenas mulai pada tanggal 02 Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Dalam PPL II ini dilaksanakan praktik mengajar kepada kedua subyek/siswa yang diasesmen pada PPL I. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 10 kali, yaitu 2 kali praktik terbimbing dan 8 kali praktik mandiri. Dari praktik mengajar yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran yang dilakukan berhasil, dari kedua kasus atau permasalahan yang dialami subyek/siswa dapat berkurang atau kemampuan siswa bertambah. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan khususnya dan dapat mentransfer ilmu dengan menggunakan bekal yang telah didapat selama menjalani pendidikan di bangku perkuliahan, serta mendapat pengalaman baru memberikan materi langsung kepada anak berkebutuhan khusus yang mungkin tidak akan di dapat ketika di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38235

Actions (login required)

View Item View Item