PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA

Melia Sya’ban, Veni (2016) PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Veni Melia Sya’ban.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok yang diajar dengan menggunakan metode scramble memiliki minat belajar IPS lebih tinggi daripada kelompok yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode scramble dan kelompok kontrol yangdiberi perlakuan metode ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode scramble dan metode ceramah, variabel terikat yaitu minat belajar IPS. Populasi penelitian ini sebanyak 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala minat. Teknik analisis statistik data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan rerata kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok yang diajar menggunakan metode scramble memiliki minat belajar IPS lebih tinggi daripada kelompok yang diajar menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari besarnya skor rata-rata skala minat belajar IPS pada kondisi akhir kelas eksperimen yang lebih besar dibanding kelas kontrol. Pada kondisi akhir, skor rata-rata di kelas eksperimen yaitu 79,36 sedangkan skor rata-rata di kelas kontrol yaitu 75,83. Kata kunci: metode scramble, metode ceramah, minat belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38208

Actions (login required)

View Item View Item