LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI SISTEM KOPLIN KELAS XI TKR A SEMESTER GASAL/GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Ahmad Zahrani Azhar, Ahmad Zahrani Azhar (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI SISTEM KOPLIN KELAS XI TKR A SEMESTER GASAL/GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI 2 KLATEN. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
11504249002_Ahmad Zahrani Azhar_P.T Otomotif.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu tahap dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang telah diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan. Tujuannya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar secara riil dan utuh, memberikan layanan studi kasus kesulitan belajar bidang studi, mengembangkan manajemen pendidikan di sekolah, dan kegiatan kegiatan terkait lain agar mahasiswa siap menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Salah satu Sekolah yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 2 Klaten yang beralamat di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam PPL ini adalah unjuk kerja, yaitu dengan melakukan observasi pada tanggal 16-21 Juni tahun 2014. Bagi mahasiswa kegiatan PPL merupakan sebuah pengalaman yang belum pernah diperoleh selama mengikuti kegiatan akademisi di bangku kuliah, terutama pengalaman mengajar di kelas yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan program program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa mengampu mata pelajaran Pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga yang berfokus pada kompetensi Sistem Pemindah Tenaga (SPT) yaitu Sistem Kopling pada kelas XI TKR A semeseter I (Gasal) tahun ajaran 2014/2015. Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, jauh hari sebelumnya mahasiswa PPL melakukan konsultasi ke Guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Job sheet, evaluasi, serta hasil penilaian. Adapun hasil KBM di kelas XI TKRA A pada mata pelajaran ini, dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari nilai akhir siswa yang membuktikan bahwa keseluruhan siswa telah mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimu (KKM).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Pengalaman Mengajar dan Hasil Pembelajaran.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:02
Last Modified: 02 Aug 2016 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38204

Actions (login required)

View Item View Item