LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN KOMPETE SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL KELAS XII TKR A SEMESTER GASAL/GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI KLATEN

Fajar Dwi Hananto, Fajar Dwi Hananto (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN KOMPETE SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL KELAS XII TKR A SEMESTER GASAL/GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11504244005_FAJAR DWI HANANTO_LAPORAN PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu tahap dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang telah diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan. Tujuannya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar secara riil dan utuh, memberikan layanan studi kasus kesulitan belajar bidang studi, mengembangkan manajemen pendidikan di sekolah, dan kegiatan kegiatan terkait lain agar mahasiswa siap menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Salah satu Sekolah yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 2 Klaten yang beralamat di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam PPL ini adalah unjuk kerja, yaitu dengan melakukan observasi pada tanggal 16-21 Juni tahun 2014. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa mengampu mata pelajaran Motor Bensin yang berfokus pada kompetensi Sistem Bahan Bakar Konvensional yaitu Sistem Pengabutan Bahan Bakar atau Karburator pada kelas XII TKR A semeseter I (Gasal) tahun ajaran 2014/2015. Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, jauh hari sebelumnya mahasiswa PPL melakukan konsultasi ke Guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Job sheet, evaluasi, serta hasil penilaian. Adapun hasil KBM di kelas XII TKRA A pada mata pelajaran ini, dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari nilai akhir siswa yang membuktikan bahwa keseluruhan siswa telah mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pelaksanaan PPL UNY tahun ajaran 2014/2015 dikatakan telah berhasil, karena praktikan mampu menyelesaikan materi yang diberikan oleh pihak sekolah. Kegiatan mengajar dilanjutkan dengan ujian teori dan ujian praktik dengan hasil yang memuaskan dilihat dari nilai ketuntasan siswa yang diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari kelas XII TKR A yang praktikan ampu, nilai tertinggi yang diperoleh adalah 87,5 sedangkan nilai terendah adalah 78,1 dengan rata-rata nilai kelas 81,94.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Pengalaman Mengajar dan Hasil Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38203

Actions (login required)

View Item View Item