LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Sahrul, Sahrul (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SAHRUL.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Maka dari itu tujuan dari pelaksanaan kegiatan PPL ini yaitu: (1) Agar mahasiswa dapat menyiapkan instrumen-instrumen yang diperlukan sebelum melakukan praktek mengajar; (2) Mahasiswa dapat melakukan praktek mengajar; (3) Mahasiswa dapat menilai hasil belajar siswa. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 2 Klaten. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktek mengajar dikelas baik mata pelajaran teori maupun mata pelajaran praktek, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Memprogram Mesin NC/CNC” khususnya pada mesin frais CNC. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 17 Juli 2014 sampai dengan 13 September 2014, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 24 jam tiap minggu. Kemudian praktikan melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menmberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Hasil yang dicapai setelah melakukan persiapan sebelum kegiatan mengajar yaitu praktikan dapat mengetahui dan membuat instrumen yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiata mengajar agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan mengajar maka praktikan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk dapat belajar menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki keterampilan paedagogik yang profesional. Yang kemudian praktikan dapat melakukan penilaian dari hasi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakn dan seberapa besar tujuan pendidikan itu sudah tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, MemprogramMesin NC/CNC, Teknik Pemesinan, SMK Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38196

Actions (login required)

View Item View Item