FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG ANGGOTA SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI (SAKA BAHARI) KOTA YOGYAKARTA DALAM MENGIKUTI LATIHAN RENANG

Ayunda Hanifah (2016) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG ANGGOTA SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI (SAKA BAHARI) KOTA YOGYAKARTA DALAM MENGIKUTI LATIHAN RENANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AYUNDA HANIFAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Satuan Karya Pramuka atau disingkat Saka merupakan wadah pengembangan minat dan bakat bagi anggota usia Penegak dan Pandega. Dalam hal ini Saka Bahari adalah wadah pembinaan di bidang kelautan maupun perairan sehingga kemampuan berenang menjadi modal utama bagi anggota nya. Dalam kenyataannya, kemampuan berenang tersebut belum terpenuhi oleh beberapa anggota, sehingga latihan renang menjadi salah satu kegiatan rutin Saka Bahari khususnya di Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pendukung anggota Satuan Karya Pramuka Bahari (Saka Bahari) Kota Yogyakarta dalam mengikuti latihan renang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan angket sebagai pengambilan datanya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu anggota Saka Bahari Kota Yogyakarta dengan teknik purposive sampling atau dengan tujuan tertentu, dalam hal ini yaitu 30 anggota yang masih berusia Penegak dan Pandega serta masih berada di Yogyakarta. Hasil uji coba instrumen dari 35 butir pertanyaan telah gugur 4 butir pertanyaan sehingga memperoleh 31 butir pertanyaan yang valid dan reliable. Penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif persentase. Hasil penelitian faktor-faktor pendukung yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal dari anggota Saka Bahari Kota Yogyakarta dalam mengikuti latihan renang yaitu sebanyak 2 anggota dengan 7% pada kategori “sangat tinggi,” 7 anggota dengan 23% pada kategori “tinggi,” 11 anggota dengan 37% pada kategori “sedang,” 9 anggota dengan 30% kategori “rendah,” serta 1 anggota dengan 3% pada kategori “sangat rendah.”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor pendukung, Satuan Karya Pramuka Bahari (Saka Bahari), renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38177

Actions (login required)

View Item View Item