PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Santoso, Hario Budi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HARIO BUDI SANTOSO 07503242004.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh : Hario Budi Santoso NIM. 07503242004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendapatkan langkah-langkah yang tepat untuk mengembangkan media pembelajaran teknik pengecoran logam, (2) mendapatkan media yang sesuai untuk proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Klaten, (3) mengetahui apakah media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat teknik pengecoran logam. Setting penelitian adalah SMK N 2 Klaten yang berlokasi di Jl. Senden Ngawen, Ngawen, Kab. Klaten. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XII TPL tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden ahli materi (1 dosen), ahli media (1 dosen), uji coba kelompok kecil (6 siswa), uji coba lapangan (32 siswa) yang terbagi dalam kelompok eksperimen (16 siswa) dan kelompok kontrol (16 siswa), pre-test (32 siswa), dan post-test (32 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes (pre-test dan post-test). Penilaian media pembelajaran menggunakan kuisioner dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek tampilan, aspek materi, aspek pembelajaran dan aspek pemrograman. Kemudian untuk tes (pre-test dan post-test) masing-masing terdiri atas 25 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk mengetahui kriteria penilaian dan kelayakan media. Hasil penelitian menemukan bahwa langkah-langkah yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran teknik pengecoran logam adalah (1) menetapkan mata diklat, (2) mengumpulkan informasi permasalahan PBM, (3) melakukan perencanaan, (4) desain produk awal, (5) membuat produk awal, (6) evaluasi media (validasi ahli media dan ahli materi, ujicoba kelompok kecil, ujicoba lapangan), dan (7) produk akhir. Berdasarkan uji coba lapangan didapatkan hasil penilaian terhadap media pembelajaran dari 23 butir pertanyaan yaitu jawaban “sangat baik” = 69,57%, dan jawaban “baik” = 30,43% dengan rerata skor adalah 4,3 dari skala penilaian 5 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan uji t diketahui bahwa, ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada mata diklat Teknik Pengecoran Logam dengan nilai t=9,42, dengan peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen adalah sebesar 55,1% dari nilai rata-rata awal 49 menjadi 76 dan kelompok kontrol adalah sebesar 23,26% dari nilai rata-rata awal 43 menjadi 53. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan apabila digunakan dalam kegiatan PBM. Kata kunci : Media Pembelajaran Berbantuan Komputer, Pembelajaran Teknik Pengecoran Logam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38175

Actions (login required)

View Item View Item