PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 GANTIWARNO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Dwi Cahyanto, Desi (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 GANTIWARNO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DESI DWI CAHYANTO 06504244044.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 GANTIWARNO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Oleh Desi Dwi Cahyanto 06504244044 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran motor bensin siswa kelas XI jurusan teknik otomotif SMK Negeri 1 Gantiwarno semester gasal tahun pelajaran 2011/2012.(2) Pengaruh kondisi ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran motor bensin siswa kelas XI jurusan teknik otomotif SMK Negeri 1 Gantiwarno semester gasal tahun pelajaran 2011/2012.(3)Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kondisi ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran motor bensin siswa kelas XI jurusan teknik otomotif SMK Negeri 1 Gantiwarno semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 77 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 sehingga seluruhnya dijadikan objek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar motor bensin, dibuktikan r x1y = 0,411, r 2x1y= 0,169, t hitung = 3,984 dengan p-value sebesar 0,000. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar motor bensin, dibuktikan r x2y = 0,274, r 2x1y= 0,075, t hitung = 2,219 dengan p-value sebesar 0,000. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kondisi ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar motor bensin, dibuktikan Ry(12) = 0,459, R2y(12) = 0,2103, Fhitung = 10,250 dengan p-value sebesar 0,000

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38169

Actions (login required)

View Item View Item