PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN MERAIH BOLA TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL TAHUN 2015

Nurshodiq (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN MERAIH BOLA TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler atletik khususnya lompat jauh di SMP Negeri 1 Kretek Bantul tahun ajaran 2015/2016 belum mempunyai prestasi di O2SN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain meraih bola terhadap prestasi lompat jauh ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest and post-test. Subjek dari penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atletik di SMP Negeri 1 Kretek Bantul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler atletik tahun 2016 berjumlah 19 siswa. Adapun syaratnya sebagai berikut: masih mengikuti ekstrakurikuler atletik, Aktif terus selama penelitian, Maksimal 3 kali tidak hadir, Siswa diberikan perlakuan dengan metode bermain meraih bola, perlakuan (treatment) dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan, dan pengambilan pengukuran pre-test dan post-test dilakukan dengan tes lompat jauh dengan satuan meter (m). Instrumen pengambilan data menggunakan tes lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data menggunakan uji-t, maka diperlukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode bermain meraih bola terhadap prestasi lompat jauh dengan t hitung 7,625> t tabel 1,734. Rerata kenaikan prestasi lompat jauh siswa yang telah mendapatkan perlakuan dengan metode bermain meraih bola sebesar 0,16 m. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain meraih bola dapat meningkatkan prestasi lompat jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan prestasi lompat jauh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38166

Actions (login required)

View Item View Item