TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI, NGAGLIK, SLEMAN

Hidayat Hikmah Hartanto (2016) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI, NGAGLIK, SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian pelatih atau guru terhadap keterampilan dasar bermain sepakbola siswa hanya dilakukan pada proses latihannya, sehingga belum diketahui tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola. Selain itu, keterampilan bermain sepakbola yang kurang baik membuat dasar dari adanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain sepakbola siswa putra peserta ekstrakurikuler SD N Karangjati, Ngaglik, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Variabel penelitian ini adalah tingkat keterampilan bermain sepakbola siswa putra peserta ekstrakurikuler di SD N Karangjati. Sedangkan, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling, dengan siswa berusia 10-12 tahun dan jumlah siswa yang mengikuti tes berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang sudah ada yaitu Tes Keterampilan Sepakbola Usia 10-12 Tahun dari Daral Fauzi R (2009). Adapun validitas (v) dan reliabilitas (r) tes tersebut yaitu sebagai berikut : Tes dribling (r: 0,61, v: 0,72), tes short passed (r: 0,69, v: 0,66), tes throw in (r: 0,65, v: 0,78), tes running with the ball (r: 0,79, v: 0,75), tes heading (r: 0,74, v: 0,80), dan tes shooting at the ball (r: 0,76, v: 0,82). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD N Karangjati tidak ada yang berkategori baik sekali (0%), kategori baik 6,25% atau 1 siswa, kategori sedang 62,5% atau 10 siswa, kategori kurang 18,75% atau 3 siswa, dan kategori kurang sekali 12,5% atau sebanyak 2 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar, bermain sepakbola, siswa usia 10-12 tahun, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:05
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38163

Actions (login required)

View Item View Item