PENGARUH MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH MX “SISTEM AC MOBIL” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII PADA KOMPETENSI SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

YOGO, ARI WICAKSONO (2016) PENGARUH MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH MX “SISTEM AC MOBIL” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII PADA KOMPETENSI SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
YOGO ARI WICAKSONO 09504242004.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH MX “SISTEM AC MOBIL” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII PADA KOMPETENSI SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : YOGO ARI WICAKSONO NIM. 09504242004 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa, dan mengetahui pengaruh penggunaan multimedia Macromedia Flash MX “Sistem AC Mobil” pada mata pelajaran sistem AC mobil terhadap minat belajar siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 4 kelas (132 siswa). Dari populasi di atas diambil dua kelas sebagai sampel penelitian, satu kelas untuk eksperimen satu kelas lagi untuk kontrol, sehingga sampel penelitian menjadi 68 orang, yang diambil secara purposive sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruksi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,9. Hal ini berarti reliabilitas instrumen sangat kuat. Prasyarat Normalitas data menggunakan analisis Kolmogorov Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan uji F. Hasil dari kedua pengujian prasyarat analisis tersebut menujukkan bahwa data penelitian normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Minat belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macromedia Flash MX lebih tinggi daripada minat belajar siswa yang diajar dengan ceramah. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada data minat belajar setelah perlakuan, diajar dengan media Macromedia Flash MX (kelas eksperimen) dan diajar dengan ceramah (kelas kontrol) yang diperoleh t sebesar 2,160 dan t sebesar 1,668; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (136,82>128,88). Dengan demikian media pembelajaran Macromedia Flash MX dapat mempengaruhi minat hitung belajar siswa. tabel Kata Kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38161

Actions (login required)

View Item View Item