PENGARUH ORDINAL GAMES TERHADAP KEMAMPUAN FREE THROW PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA N 1 JETIS BANTUL

RendraVermansyah (2016) PENGARUH ORDINAL GAMES TERHADAP KEMAMPUAN FREE THROW PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA N 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
RENDRA VERMANSYAH_12601244006.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penguasaan teknik dasar shooting peserta ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Jetis Bantul masih rendah, khususnya dalam melakukan tembakan hukuman (freethrow). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Ordinal Games terhadap kemampuan free throw peserta ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Jetis Bantul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah siswa SMA N 1 Jetis Bantul yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Bolabasket sebanyak 18 siswa putra. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan free throw, dan menggunakan metode test-retest untuk mengetahui tingkat reliabilitas tes. Validitas tes adalah sebesar 0,81 (sangat tinggi) dan reliabilitas tes adalah sebesar 0,91 (very good). Teknik pengumpulan data adalah dengan pre-test dan post-test kemampuan free throw sebanyak 10 kali kesempatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji beda mean pre-test dan uji beda mean post-test kemampuan free throw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Ordinal Games terhadap kemampuan free throw peserta ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Jetis Bantul. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikansi 0,05 dengan nilai t test 9,301 > t tabel 2,110, yang menunjukkan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Ordinal Games terhadap kemampuan free throw peserta ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Jetis Bantul. Nilai rata-rata post-test sebesar 5,88 > 3,83 nilai rata-rata pre-test.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ordinal Games, kemampuan free throw, Ekstrakurikuler Bolabasket, Siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38158

Actions (login required)

View Item View Item