Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Mata Kuliah Menyimak

Dewi, Rishe Purnama (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Mata Kuliah Menyimak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rishe-purnama-dewi-09706251002.swf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini melikiki dua tujuan, yaitu (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer untuk pembelajaran mata kuliah Menyimak, dan (2) memaparkan hasil validasi media pembelajaran yang telah dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik: (1) mencakup komponen media teks, gambar, animasi, suara, dan video, (2) bersifat interaktif; (3) berisi materi menyimak dengan strategi pengembangan top down. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini melalui lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain, produksi, validasi, dan revisi. Setelah produk awal dihasilkan, validasi produk dilakukan oleh tiga pakar pembelajaran bahasa, tiga pakar media, dan tiga pemangku pengguna. Ada dua tahapan validasi yang dilakukan para pakar dan pemangku pengguna. Selanjutnya, produk diujikan kepada mahasiswa melalui dua tahapan, yaitu uji kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID). Data dikumpulkan melalui kuesioner. Data berupa hasil penilaian kualitas media pembelajaran dan saran perbaikan produk. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Data berupa saran dipergunakan untuk merevisi produk yang dihasilkan. Hasil validasi tiga pakar pembelajaran bahasa pada tahap I dan tahap II tidak jauh berbeda, yaitu berkategori sangat baik dengan rata-rata hitung sebesar 4,24 untuk tahap I dan 4,67 pada tahap II. Tiga pakar media pada tahap I mengategorikan kualitas media tergolong baik dengan rata-rata hitung sebesar 4,07, sedangkan pada tahap II para pakar media mengategorikan media pembelajaran tergolong sangat baik dengan rata-rata hitung sebesar 4,58. Ketiga pemangku pengguna mengategorikan media tergolong sangat baik baik pada tahap I dan tahap II dengan rata-rata hitung sebesar 4,62 pada tahap I dan 4,76 pada tahap II. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, produk yang dihasilkan berkategori sangat baik dengan rata-rata hitung 4,69, sedangkan hasil validasi uji coba lapangan media dikategorikan sangat baik dengan rata-rata hitung sebesar 4,43. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer untuk pembelajaran mata kuliah Menyimak layak dipergunakan dalam perkuliahan menyimak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, berbasis komputer, menyimak
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38150

Actions (login required)

View Item View Item