Peningkatan Keterampilan Menyimak Apresiatif dan Kreatif Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY terhadap Film dengan Penerapan Teknik Pencatatan 5R (Record, Reduce, Recite, Reflect, and Review)

Nurhidayah, Nurhidayah (2011) Peningkatan Keterampilan Menyimak Apresiatif dan Kreatif Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY terhadap Film dengan Penerapan Teknik Pencatatan 5R (Record, Reduce, Recite, Reflect, and Review). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhidayah-05706251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak apresiatif dan kreatif mahasiswa PBSI FBS UNY dengan penerapan teknik pencatatan 5R (Record, Reduce, Recite, Reflect, and Review). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan prosedur penelitian berupa perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2006/2007 kelas A peserta mata kuliah Menyimak Apresiatif dan Kreatif yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipan dengan instrumen wawancara, pedoman penyekoran, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu untuk mengetahui secara rinci peningkatan keterampilan menyimak apresiatif dan kreatif dengan menerapkan teknik pencatatan 5R yang dikembangkan di Universitas Cornell. Analisis ini dilakukan sejak pertama proses penelitian dimulai sampai pada akhir tindakan. Adapun untuk mengukur peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang terdapat dalam bahan simakan digunakan analisis kuantitatif yaitu berupa pengamatan terhadap pencapaian skor masing-masing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing- masing siklus terdiri dari Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pencatatan 5R terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyimak apresiatif dan kreatif terhadap film baik dalam hal proses maupun hasil. Peningkatan keterampilan menyimak apresiatif dan kreatif terhadap film ini dari segi proses dan hasil mencakup tiga hal: (1) pemahaman, (2) penikmatan, dan (3) penghargaan. Indikator keberhasilan proses pada penelitian ini adalah telah diterapkannya teknik pencatatan 5R dalam proses pembelajaran menyimak apresiatif dan kreatif terhadap film. Indikator keberhasilan hasil penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan pemahaman, penikmatan, dan penghargaan terhadap film yang tercermin pada peningkatan kualitas hasil laporan dan pencapaian skor evaluasi dan apresiasi terhadap film yang disimak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak apresiatif dan Kreatif, film, teknik pencatatan 5R (Record, Reduce, Recite, Reflect, and Review)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:32
Last Modified: 02 Dec 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38148

Actions (login required)

View Item View Item