Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA

Mutiara, Yesi Elisa (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yesi-elisa-mutiara-14726251027.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah yang layak sesuai dengan kategori yang ditentukan, dan (2) mengungkapkan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model R&D dari Borg dan Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi instrumen penilaian produk, lembar penilaian produk, lembar observasi sikap ilmiah, lembar angket sikap ilmiah, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes pemahaman konsep. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis secara kualitatif berdasarkan kategori “sangat baik”, “baik”, “cukup baik”, kurang baik”, atau “tidak baik”. Validitas isi butir soal tes pemahaman konsep dianalisis dengan Content Validity Ratio dan Content Validity Index. Validitas dan reliabilitas butir soal yang diujicobakan dianalisis dengan Item Response Theory menggunakan software QUEST. Validitas dan reliabilitas angket (sikap ilmiah dan respon peserta didik) dianalisis menggunakan software QUEST. Pada uji coba terbatas, pelaksanaan perangkat pembelajaran dianalisis secara kualitatif berdasarkan skala “sangat baik”, “baik”, “cukup baik”, kurang baik”, atau “tidak baik”. Keefektifan perangkat pembelajaran pada uji coba lapangan dianalisis berdasarkan gain score ternormalisasi setiap peserta didik dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik SMA

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran fisika, pembelajaran berbasis masalah, pemahaman konsep, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:48
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38137

Actions (login required)

View Item View Item