Pengaruh Pendekatan Inkuiri melalui Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa SMA

Handayani, Rika (2016) Pengaruh Pendekatan Inkuiri melalui Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rika-handayani-14725251022.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk engungkapkan pengaruh pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E terhadap (1) keterampilan proses sains siswa dan, (2) kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control-Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPA di SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E dan kelas kontrol diberikan pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah dengan langkah-langkah yang mengarah pada pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah perlakuan berupa soal pilihan ganda dan teknik nontes yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengamati keterampilan proses sains siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent t-test untuk melihat pengaruh pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E terhadap keterampilan proses sains dan uji ANCOVA untuk melihat pengaruh pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E terhadap kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan proses sains dibandingkan pembelajaran konvensional, dengan nilai signifikansi yaitu 0,000; (2) pendekatan inkuiri melalui siklus belajar 5E mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,022 pada taraf signifikansi α=0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inquiry approach, 5E learning cycle, science process skills, cognitive ability
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:42
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38135

Actions (login required)

View Item View Item