Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Metode Outdoor Activity Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif

Andryani, Ryani (2016) Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Metode Outdoor Activity Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ryani-andryani-14708251107.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan instrumen penilaian proyek pembelajaran IPA metode outdoor activity materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, (2) hasil pengukuran keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan (3) kepraktisan instrumen penilaian proyek pembelajaran IPA metode outdoor activity materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan research & development menggunakan model pengembangan perpaduan 4D dengan instrumen nontes. Prosedur penelitian meliputi analisis kebutuhan, menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, mentelaah instrumen, merakit instrumen, mengujicoba instumen, menganalisis hasil ujicoba, memperbaiki instrumen, melaksanakan pengukuran, menafsirkan hasil pengukuran; dan penyebaran instrumen. Uji coba produk dilakukan di SMPN 2 Girisubo kelas VII. Pengambilan data melalui wawancara, angket, dan observasi. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar: (1) pedoman wawancara, (2) validasi penilaian proyek, (3) penilaian proyek yang dikembangkan, (4) keterlaksanaan pembelajaran, dan (5) angket respon guru. Hasil instrumen tersebut secara urut digunakan untuk: (1) menilai kebutuhan, (2) memperbaiki kisi-kisi instrumen yang dibuat, (3) mengukur keterampilan berpikir kreatif, (4) mengukur keterlaksanaan sintaks metode outdoor activity, dan (5) mengukur kepraktisan instrumen penilaian proyek. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Instrumen penilaian proyek yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA metode outdoor activity materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan diperoleh koefisien V’Aiken antara 0,90 - 1 dengan kategori valid dan reliabilitas inter-rater sebesar 0,97 dengan kategori istimewa. (2) Hasil pengukuran keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMPN 2 Girisubo yang meliputi: aspek menganalisis, menurunkan ide, dan mengevaluasi termasuk kategori rendah serta aspek mensintesis, membuat/ menciptakan, dan memvisualisasi termasuk kategori tinggi. (3) Instrumen penilaian proyek pembelajaran IPA metode outdoor activity materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan praktis untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dengan kategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian proyek, keterampilan berpikir kreatif, outdoor activity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:05
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38122

Actions (login required)

View Item View Item