Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA

Nugraheni, Siwi (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siwi-nugraheni-14728251017.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi, mendeskripsikan kelayakan instrumen, mengetahui karakteristikinstrumenserta mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI SMA pada materi asam basa dan titrasi asam basa. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan instrumen tes yang dikembangkan oleh Mc.Intire.Produk awal ditinjau oleh peer reviewer, divalidasi oleh expertjudgment, dan dinilai kelayakannya oleh pendidik kimia. Uji coba instrumen melibatkan 519 peserta didik kelas XI SMA di tiga sekolah di wilayah Kabupaten Sleman. Hasil uji coba instrumen berupa data politomus dan dianalisis menggunakan Partial Credit Model 1-Parameter Logistic (PCM 1-PL) dengan bantuan program WINSTEPS.Instrumen tes yang digunakan terdiri atas asam basa paket I (AB I), asam basa paket II (AB II), titrasi asam basa paket I (TAB I) dan titrasi asam basa paket II (TAB II). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) indeks Aiken untuk instrumen tes AB I, AB II,TAB I dan TAB II berturut-turut berada pada rentang 0,79 sampai dengan 1; 079 sampai dengan 1; 0,9 sampai dengan 1 dan 0,9 sampai dengan 1; (2) instrumen tes AB I, AB II, TAB I dan TAB II masing-masing reliabel apabila diujikan pada peserta tes dengan kemampuan (θ) antara -3,0 sampai dengan +2,8; -4,0 sampai dengan +3,25; -2,9 sampai dengan +1,8 dan -3,5 sampai dengan 1,85; (3) respon pendidik terhadap instrumen tes penilaian terintegrasi dinyatakan sangat baik; (4) hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa semua butir pada instrumen tes fit dengan model PCM 1-PL; (5) tingkat kesukaran instrumen tes AB I, AB II, TAB I dan TAB II berturut-turut berada pada rentang -4,88 logit<b< +2,28 logit; -3,41 logit <b< +2,24 logit; -0,31 logit <b< +0,48 logit dan -0,96 logit<b< 0,88 logit; (6) fungsi informasi tes dan instrumen tes AB I, AB II, TAB I dan TAB II berturut-turut 5,791; 5,058; 4,453 dan 4,436 serta kesalahan baku pengukuran instrumen tes AB I, AB II, TAB I dan TAB II berturut-turut 0,416; 0,443; 0,474 dan 0,475; (7) hasil pengukuran menunjukkan bahwakemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains peserta didik tergolong tinggi dengan ketercapaian pada instrumen tes AB I, AB II, TAB I dan TAB II masing-masingsebesar 72,14%; 68,93%; 72,85% dan 74,82%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian terintegrasi, kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains,asam basa, titrasi asam basa, politomus, partial credit model 1-parameter logistik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:55
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38121

Actions (login required)

View Item View Item