Penerapan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan P roses Sains Kimia SMA

Atmaningsih, Dewi Apriliani (2016) Penerapan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan P roses Sains Kimia SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-apriliani-atmaningtyas-14728251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan PChK terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa, (2) mengidentifikasi indikator keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang paling terpengaruh oleh penerapan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperime n semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest with nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IP A SMAN 7 Yogyakarta yang berjumlah 199 siswa. Adapun sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IP A 5 yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen 2 berupa penerapan PChK dengan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan untuk kelas eksperimen 1 berupa model pembelajaran berbasis masalah. Materi pembelajaran yang diajarkan yaitu larutan penyangga. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk pilihan ganda dengan alasan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Tes bentuk uraian dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu multivariat MANOVA dengan bantuan program SPSS serta model RASCH dengan bantuan Winstep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan PChK pada materi larutan penyangga terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa, (2) indikator keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang paling terpengaruh dengan penerapan PChK dengan model pembelajaran berbasis masalah yaitu indikator ―menentukan‖ dan ―memprediksi‖.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, model pembelajaran berbasis masalah, Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK),
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:50
Last Modified: 09 May 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38120

Actions (login required)

View Item View Item