Hindom, Rudolf (2016) Optimalisasi Hasil Belajar IPS yang Komprehensif dengan Pendekatan Saintifik Di SMP PGRI Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Bara. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rudolf-hindom-13705251037.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif melalui penerapan pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP PGRI di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII A SMP PGRI Fakfak. Penelitian dilakukan atas 3 siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif yaitu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik di kelas VII A SMP PGRI Fakfak. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada setiap siklusnya. Nilai IPS aspek kognitif siklus pertama adalah 6,6; siklus kedua 7,9; dan siklus ketiga 8,89. Nilai IPS aspek afektif siklus pertama adalah 7,6; siklus kedua 8,15; dan siklus ketiga 8,37. Nilai IPS aspek psikomotorik pada siklus pertama memperoleh nilai 7,43; siklus kedua 7,85; dan siklus ketiga 8,08. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif di kelas VII A SMP PGRI Fakfak
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, pendekatan saintifik, model PBL |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 06:40 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38116 |
Actions (login required)
View Item |