LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul Yogyakarta

Istri Nur Rohmah, Istri Nur Rohmah (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK N 1 NGAWEN Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU Istri Nur Rohmah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. SMK N 1 Ngawen merupakan salah satu yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2014 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli – 17 September 2014. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Pembuatan Pola dengan alokasi waktu setiap minggu sebanyak 8 jam pelajaran untuk setiap kelas, dan penulis sendiri mengampu 2 kelas yaitu XI TB A dan XI TB B. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari Rabu dimulai pada jam pertama sampai jam kedelapan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya delapan kali pertemuan. Oleh karena itu, mahasiswa praktikan melakukan team teaching untuk memenuhi kekurangan tersebut. Dalam team teaching, praktikan mengampu mata pelajaran Pembuatan Pola. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapnnya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL , UNY, SMK N 1 Ngawen.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:31
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38115

Actions (login required)

View Item View Item