Keefektifan Metode Pengelompokan Gagasan (PG), Kontekstual, dan Komunikatif dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita di SMP

Listiana TH., M.Th.E. Rina (2011) Keefektifan Metode Pengelompokan Gagasan (PG), Kontekstual, dan Komunikatif dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-th-e-rina-listiana-th-08706251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran menulis berita di SMP Kabupaten Sleman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang diteliti adalah metode Pengelompokan Gagasan (PG), Kontekstual, dan Komunikatif. Bentuk penelitian menggunakan desain eksperimen. Desain yang digunakan adalah Randomized Control-Group Pretes-Postest Design. Dalam desain ini terdapat tiga kelompok yaitu dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Setiap kelompok dilakukan pretes dan postes. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SMP Negeri di wilayah Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara bertahap dari wilayah yang luas ke wilayah yang kecil. Setelah terpilih sampel kecil, peneliti melakukan undian untuk menentukan sekolah yang akan digunakan penelitian. Hasil undian didapat SMP Negeri 4 Ngaglik dan SMP Negeri 2 Mlati sebagai kelas eksperimen dan SMP Negeri 2 Ngaglik sebagai kelas kontrol pada tahun pelajaran 2009/2010. Variabel bebas pada penelitian adalah metode PG, metode Kontekstual, dan metode Komunikatif, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis berita. Instrumen penelitain berupa tes hasil belajar. Untuk mengetahui urutan keefektifan ketiga metode, data dianalis menggunakan uji ANAVA dilanjutkan uji Scheffe. Hasil dari uji ANAVA menunjukan adanya perbedaan dari ketiga metode tersebut. Hasil dari uji Scheffe terdapat urutan keefektifan ketiga metode yaitu metode komunikatif, metode PG, dan metode Kontekstual. Jadi, metode PG yang ditawarkan peneliti dapat menjadi alternatif metode dalam pembelajaran menulis berita siswa SMP karena metode PG lebih efektif dibanding dengan metode kontekstual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengelompokan gagasan, kontekstual, komunikatif, pembelajaran keterampilan menulis berita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:23
Last Modified: 02 Dec 2022 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38111

Actions (login required)

View Item View Item