Priyanti, Luluk (2011) Penggunaan Media Musik yang Berlirik dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XII SMA Negeri I Kalasan Sleman, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-luluk-priyanti-08706251003.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan pada saat observasi lapangan yang menunjukkan bahwa siswa merasa (1) kesulitan untuk menemukan ide; (2) kesulitan dalam menentukan tema yang akan diceritakan; (3) kesulitan dalam mengekspresikan ide; (4) bingung bagaimana memulai dan mengakhiri cerita; (5) waktu yang terbatas untuk membuat cerpen; dan (6) perlu digunakan suatu media pembelajaran dalam menulis cerpen. Berdasarkan informasi guru diketahui bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas XII IPA 3 SMAN I Kalasan tergolong rendah dan perlu untuk dilakukan pembenahan. Maka, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan proses menulis cerpen dan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri I Kalasan. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan langkah di setiap siklus berupa perencanaan, implementasi tindakan, observasi, refleksi, revisi dan evaluasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, angket, wawancara, dokumentasi tes menulis cerpen dan perekaman selama pelaksanaan tindakan di kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes kemampuan menulis, catatan lapangan dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, dan validitas hasil. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya perubahan ke arah perbaikan suasana proses dan hasil pembelajaran. Kriteria lain adalah peningkatan prestasi belajar siswa dalam menulis cerpen yang dapat dilihat dari nilai sebelum dan sesudah tindakan. Standar minimal yang ditentukan adalah 60-70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal sebesar 70. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penggunaan media musik yang berlirik mampu meningkatkan proses menulis cerpen dan meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Peningkatan proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya motivasi, perhatian dan keaktifan siswa dalam setiap tahapan menulis cerpen. Peningkatan kemampuan menulis cerpen dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai menulis cerpen pratindakan dan pascatindakan. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 62,8 pada saat pratindakan, nilai sebesar 72, 7 pada siklus I, nilai sebesar 73,3 pada siklus II, dan nilai sebesar 79,7 diperoleh pada siklus III. Siswa yang telah mendapat nilai sebesar 70 ke atas pada pratindakan sebanyak 8 orang (20%), dalam siklus I sebanyak 26 orang (65%), dalam siklus II sebanyak 28 orang (70%), dan dalam siklus III sebanyak 39 orang (97,5%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media musik, menulis cerpen |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 06:04 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |