LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. W. Monginsidi 2A 55233 Yogyakarta

Lalu Muhamad Ary Madya, Lalu Muhamad Ary Madya (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. W. Monginsidi 2A 55233 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTOtomotif_11504241009_LaluMuh.AryMadya.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaannya dilakukan di masyarakat. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa diberi pembekalan terlebih dahulu agar mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah dalam bentuk kelas mini (Micro Teaching) di bangku kuliah. Selain itu mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas-kelas sebelum penerjunan PPL, yaitu beberapa bulan sebelumnya. Observasi pra-PPL dilaksanakan sebanyak tiga kali. Observasi pembelajaran menyangkut perangkat pembelajaran, Metode Pembelajaran, proses pembelajaran, dan situasi waktu siswa belajar. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri 3 Yogyakarta, mahasiswa PPL memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Mesin Otomotif dan Mata Pelajaran Tambahan Yakni Listrik Otomotif. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhklan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. setiap kali praktik mengajar di kelas Mahasiswa PPL wajib membuat rencana pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada siswa. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh mahasiswa. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 10 kali di kelas XI TKR 01 dengan Mata Pelajaran Listrik Otomotif, sedangkan XI TKR 03, dan XI TKR 04 mata pelajaran Mesin Otomotif yang dimulai pada tanggal 11 agustus sampai dengan 17 Oktober 2014. Setiap pertemuan berdurasi 4-6 jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 3 Yogyakarta dapat berjalan dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurang menguasai kondisi kelas, karena sulit untuk menjangkau tiap siswa dengan kondisi siswa dengan berbagai karakter, 2. Dari siswa, ketidakaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, siswa yang ramai dan cenderung sibuk dengan aktifitas lain sehingga kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38098

Actions (login required)

View Item View Item