PENGENALAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B (STUDI KASUS DI KB-RA IT AL-HUSNA YOGYAKARTA)

Neni, Susilowati (2016) PENGENALAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B (STUDI KASUS DI KB-RA IT AL-HUSNA YOGYAKARTA). S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Neni Susilowati_12111244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pengenalan sains melalui percobaan sederhana pada kelompok B di KB-RA IT Al-Husna. Peneliti mengungkap topik sains dan benda-benda yang digunakan dalam kegiatan percobaan sederhana. Penelitian memuat tentang metode yang sesuai dalam pengenalan sains, peran guru dan peran anak dalam kegiatan percobaan, serta hasil belajar dari kegiatan percobaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik KB-RA IT Al-Husna. Objek penelitian yang diambil adalah pengenalan sains melalui kegiatan percobaan sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model alir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi. Data-data penelitian telah diuji keabsahan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) topik percobaan sains yang dikenlakan melalui kegiatan percobaan adalah pesan rahasia, telepon sederhana, listrik statis, mainan kapal, roket, matahari, tornado, gunung meletus, rambatan api, pemadam kebakaran, banjir, dan ombak; 2) Benda atau media yang digunakan dalam kegiatan percobaan disesuaikan dengan topik sains dan disediakan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan percobaan; 3) Metode yang sesuai untuk mengenalkan sains adalah eksperimen, demonstrasi, dicovery dan inquiry, field trip dan kunjungan. Metode yang digunakan KB-RA IT Al-Husna untuk pengenalan sains adalah eksperimen dan demonstrasi. Penggunaan metode tersebut lebih sering karena pelaksanaan lebih mudah bagi guru; 4) Peran guru saat kegiatan percobaan sains adalah perencana, fasilitator, observer, motivator, organisator, model, evaluator, dan teman eksplorasi anak.; 5) Peran atau kegiatan anak saat pelaksanaan kegiatan percobaan adalah sebagai penemu, penyelidik dan pengamat percobaan; 6) Hasil belajar dari kegiatan percobaan berupa pemahaman fakta atau konsep, penguasaan keterampilan proses sains dan pengembangan sikap tetapi belum maksimal; 7) Proses pengenalan sains melalui kegiatan percobaan sederhana dilakukan dengan urutan apersepsi, pelaksanaan percobaan dan evaluasi. Kata kunci: pengenalan sains, percobaan sederhana, KB-RA IT Al-Husna

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38097

Actions (login required)

View Item View Item