LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Pratama, Putu Desna Andy (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTOtomotif_11504241008_Putu Desna A.P.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) untuk mahasiswa S1 yang mengambil prodi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkannya di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan pendidikan dalam hal ini adalah sekolah. SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan R.W Monginsidi No. 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi program PPL UNY pada tahun 2014 ini. Dalam pelaksanaan program PPL yang dimulai 2 Juli 2014 sampai 17 Oktober 2014, kegiatan yang dilaksanakan berupa praktik mengajar kepada siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Mahasiswa praktikan mengajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran untuk setiap kali tatap muka. Mahasiswa praktikan juga membuat persiapan perangkat pembelajaran. Perangkat Pembelajaran meliputi pembuatan rencana pembelajaran, slide presentasi, job sheet, program semester serta beberapa administrasi mengajar untuk mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO). Bimbingan dengan guru pembimbing selalu dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan mengenai teknik-teknik penguasaan kelas, penyampaian materi dan tata cara praktik setelah selesai mengajar. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan akan tetapi dengan kerjasama dan komunikasi yang baik hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi merupakan indikasi keberhasilan dari semua pihak yang terkait dan dapat menjadi sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menuju kesuksesan dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38096

Actions (login required)

View Item View Item