LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA YOGYAKARTA, 2 JULI 2014 s.d 17 OKTOBER 2014

Aan Yudianto, Aan Yudianto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA YOGYAKARTA, 2 JULI 2014 s.d 17 OKTOBER 2014. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
PTOtomotif_11504241004_AanYudianto.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa program S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang pelaksanaannya dilakukan di masyarakat, sekolah atau instansi pemerintahan. Program PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan masyarakat, karena menempuh program kependidikan maka dalam hal ini masyarakat yang dimaksud adalah sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2013 adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang beralamat di Jalan RW Monginsidi 2A Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL UNY 2014 yang diawali dengan penerjunan mahasiswa ke sekolah untuk melakukan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2014 dengan tujuan mengumpulkan data-data dan informasi yang akan digunakan dalam penyusunan proposal program PPL. Data hasil observasi tersebut digunakan sebagai bahan mahasiswa di kampus untuk mengikuti perkuliahan persiapan PPL. Di kampus mahasiswa dibekali dengan keterampilan sebagai tenaga pendidik yang profesional, diantaranya meliputi micro teaching, pengenalan dan pembuatan administrasi guru, pengondisian kelas dan keterampilan pendukung lainnya. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai 2 Juli 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar Teknik Kendaraan Ringan kelas XI serta untuk mendukung kegiatan penyampaian materi pada siswa maka digunakan modul, buku pegangan dan referensi dari internet untuk menyampaikan beberapa kompetensi pada mata diklat tersebut. Kurang lebih tiga setengah bulan di sekolah, dari program PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, tindakan kelas baik itu saat teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat, motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru-guru lain, dosen pembimbing lapangan, temanteman satu tim dan berkat kerja sama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:04
Last Modified: 01 Aug 2016 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38095

Actions (login required)

View Item View Item