KEMAMPUAN MENGENAL SUKU KATA AWAL SAMA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS PAUD 4 TIRTOMARTANI KECAMATAN KALASAN

Lina, Novitasari (2016) KEMAMPUAN MENGENAL SUKU KATA AWAL SAMA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS PAUD 4 TIRTOMARTANI KECAMATAN KALASAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal suku kata awal sama anak TK kelompok B di Gugus PAUD 4 Tirtomartani kecamatan Kalasan. Kemampuan mengenal suku kata awal sama dalam penelitian ini meliputi kemampuan mengidentifikasi kartu kata yang memiliki suku kata awal sama satu huruf, dua huruf dan tiga huruf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak TK kelompok B di Gugus PAUD 4 Tirtomartani Kalasan yakni sebanyak 6 TK. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik proportional random sampling dengan memilih 72 anak dari 6 TK. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi sedangkan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal suku kata awal sama pada anak TK kelompok B di Gugus PAUD 4 Tirtomartani Kalasan termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata setiap kemampuan mengenal suku kata awal sama adalah 69,7 untuk kemampuan mengidentifikasi suku kata awal sama satu huruf (V-…), 80,9 untuk kemampuan mengidentifikasi suku kata awal sama dua huruf (KV-…), dan 65,8 untuk kemampuan mengidentifikasi suku kata awal sama tiga huruf (KVK-…). Adapun nilai rata-rata kemampuan mengenal suku kata awal sama secara keseluruhan adalah 72,1. Kata kunci: suku kata awal sama, TK kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38094

Actions (login required)

View Item View Item