LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

SRIYONO, SRIYONO (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTMesin_11503241031_Sriyono .pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S-1 kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY tahun 2014 ini adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang beralamat di Jl. R.W. Monginsidi 2A Telepon (0274) 513503, Yogyakarta 55233. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi kegiatan micro teaching di kampus, observasi pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan melakukan persiapan mengajar antara lain menyediakan silabus, RPP, hand out, modul, buku kerja guru, agenda mengajar, dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa praktikan diberi pilihan mata pelajaran oleh jurusan, setelah diadakan diskusi dengan pihak jurusan mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Gambar Manufaktru(MN), Praktik mengajar dimulai pada tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 17 September 2014, akan tetapi karena kurangnya waktu menggajar, sehingga waktu mengajar sampai 17 Oktober 2014 dengan alokasi waktu mata pelajaran Gambar MN ,setiap kali pertemuan 3x40menit mengampu kelas XI Teknik Pemesinan. Selama proses mengajar lebih difokuskan terhadap pendidikan karakter dan proses pembelajaran berpusat pada siswa, khususnya siswa kelas XI yang mendapat penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar, baik dari persiapan, penyusunan administrasi guru, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan, diantaranya yaitu adanya kegiatan MOPDB dan libur lebaran. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Negeri 3 Yogyakarta, TP (Teknik Pemesinan)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38089

Actions (login required)

View Item View Item