PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA KELOMPOK CATERPILLAR DI TK CAHAYA BANGSA UTAMA MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Devi, Maharani (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA KELOMPOK CATERPILLAR DI TK CAHAYA BANGSA UTAMA MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Devi Maharani_12111241013_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter pada kelompok Caterpillar di TK Cahaya Bangsa Utama Depok Maguwoharjo Sleman Yogyakarta yang meliputi nilai-nilai yang ditanamkan, pihak yang berperan, penggunaan metode, faktor pendukung, faktor penghambat, serta cara mengatasi hambatan dalam penanaman nilai karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, orangtua, serta anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan model Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penanaman nilai karakter di TK Cahaya Bangsa Utama dilaksanakan sebagai salah satu metode untuk membangun karakter yang merupakan visi sekolah yang pelaksanaannya berpedoman pada IPC (International Primary Curriculum) personal goals. 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan meliputi: religius, jujur, tanggung jawab, kreatif, gemar membaca, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, toleransi, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, disiplin, mandiri, demokrasi, peduli lingkungan, kerja keras, serta menghargai prestasi. Pihak yang berperan yaitu guru, kepala sekolah, serta orangtua. 3) Metode penanaman nilai yang digunakan adalah (a) Stories, (b) audio-visual, (c) ceremonies, rituals, and traditions, (d) rules, (e) praise, appreciation (f) consequence, punishment. (g) slogans, (h) posters (i) teach emphaty. 4) Faktor pendukung penanaman nilai adalah pendidik yang menunjukkan sikap yang baik dan ramah serta menghargai anak, media pembelajaran yang mendukung, serta keterlibatan orangtua, 5) Faktor yang menghambat adalah lingkungan dan orangtua. Kata Kunci: penanaman nilai karakter, taman kanak-kanak, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38085

Actions (login required)

View Item View Item